Agribisnis Indonesia

avatar

Agribisnis Indonesia

Jadi Ini, Penyebab Ayam Ngorok Perlu Diketahui

Agribisnis Indonesia ,2018/12/06
Buat anda peternak ayam mungkin sudah tidak asing dengan penyakit ayam ngorok yang mungkin menjadi virus yang sangat perlu diketahui penyebabnya.

Salah satu penyebab ayam ngorok ini di sebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum. Bakteri ini menjadi salah satu pemicu ayam teriveksi virus yang membuat daya tahan ayam menurun.

Bakteri Haemophilus paragallinarum berbentuk batang pleumorfik, non motil, dan bersifat gram negative. Bakteri ini diketahui sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Mengingat cepatnya penyebaran penyakit ngorok melalui kontak langsung maupun tidak langsung.




Perlu diketahui juga, Penularan tidak langsung dapat terjadi ketika terjadi kontak antara ayam dengan alat makanan/minuman atau peralatan lain yang tercemar.

Selain itu cepatnya penularan, penyakit ngorok juga dapat menyerang semua jenis ayam. Mulai dari ayam kampung, petelur ataupun pedaging.

Penyakit ini berjalan akut-kronis masa inkubasi terjadi selama 1-3 hari. Sedangkan angka kematiannya sekitar ±30 % dan menyebabkan kesakitan hingga 80%.





Ayam yang paling rentan terhadap serangan penyakit ini adalah yang sudah berumur 14 minggu ke atas antara umur 18 – 23 minggu untuk breeder.

Pada ayam pedaging, petelur, itik semua umur khususnya mulai umur 3 minggu.

Meski begitu, sebenarnya Ayam yang menderita bila tidak di sertai dengan infeksi lainnya dapat sembuh dalam 14-21 hari setelah pengobatan.

Nah tentu anda harus mengantisipasi sejak awal penyebab ayam ngorok dan gejala awal seperti apa untuk lebih mengetahui dan mengidentifikasi langkah yang tepat. Membaca panduan cara mengobati ayam ngorok secara efektif agar menemukan solusi terbaik tidak hanya mengantisipasi tapi agar peternak mendapatkan pengetahuan baru tentang penyakit ayam ngorok.
Selain itu untuk menunjang kesehatan dan imunitas ayam tentu saja langkah yang tepat menggunakka suplemen organik cair untuk ternak ayam agar hasil maksimal.



  • < Desember 2018 >
    S M T W T F S
                1
    2 3 4 5 6 7 8
    9 10 11 12 13 14 15
    16 17 18 19 20 21 22
    23 24 25 26 27 28 29
    30 31          
    Rekomendasi WaGoMu
    Kategori
    Artikel Terdahulu
    Komentar Terbaru
    QR Code
    QRCODE
    Akses Counter
    Langganan Membaca
    Dengan memasukan Alamat E-mail dan mendaftarkannya, Pemberitahuan mengenai Tulisan terbaru di Blog ini akan dikirimkan melalui E-mail. Untuk memberhentikan klik →Disini
    Jumlah Pembaca Saat ini 0 Orang
    Profile
    Agribisnis Indonesia
    E-mail ke Owner

    Komentari

    Nama
    Url
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Jadi Ini, Penyebab Ayam Ngorok Perlu Diketahui
      Komentar(0)